Aktivitas Matahari Meningkat dalam Seabad Terakhir

Loading...
Energi yang dihasilkan Matahari me ningkat secara signifikan sepanjang abad ke-20. Tren hasil pengukuran ini dilaporkan Tim Peneliti Internasional yang dipimpin Ilya Usoskin dari Observatorium Geofisika Sodankyla di Universitas Oulu, Finlandia.

Banyak penelitian yang berusaha me nguak apakah terjadi tren pe ningkatan aktivitas sunspot dan lidah api di permukaan Matahari. Namun, sejauh ini masih sedikit bukti yang menguatkan terjadinya tren peningkatan tersebut.

Para peneliti mengukur tren aktivitas Matahari dengan mem pelajari lingkaran garis pertumbuhan pohon dan lapisan es di Greenland dan Antartika. Padahal, proses perubahan ini tidak hanya dipengaruhi aktivitas Matahari, tetapi juga proses di permukaan Bumi. Adapun pada penelitian terakhir, isotop yang diukur tidak ter pengaruh kondisi di Bumi. Hasil penelitian ini merupakan bukti terjadinya peningkatan aktivitas matahari dalam 100 tahun terakhir.
matahari
Gambar: Matahari

Dengan metode yang berbeda, tim peneliti internasional yang dipimpin Usoskin mempelajari meteorit yang jauh ke permukaan Bumi selama 240 tahun terakhir. Dengan menganalisis kandungan Titanium-44, salah satu isotopnya yang bersifat radioaktif, tim menemukan peningkatan radioaktivitas Matahari selama abad ke-20. Pengaruh Matahari pada perubahan cuaca telah dipelajari dengan baik.

Akan tetapi, sampai sekarang para ahli masih memperdebatkan pengaruh perubahan aktivitas Matahari dengan perubahan iklim Bumi. Tim peneliti dari Institut Studi Antariksa Goddard milik NASA juga menyatakan bahwa suhu Bumi saat ini sudah dalam kisaran satu derajat Celcius lebih tinggi dari perkiraan kenaikan suhu dalam satu juta tahun.

Kalaupun aktivitas Matahari ber pengaruh, Usoskin yakin terdapat faktor lain yang dominan. Sampai sekarang, peningkatan kegiatan industri yang memicu kadar gas rumah kaca dituduh sebagai pemicu naiknya suhu Bumi.

Sumber: www.kompas.com, 28 September 2006 dengan penyesuaian

0 Response to "Aktivitas Matahari Meningkat dalam Seabad Terakhir"

Post a Comment