Dzikir Penggati Ibadah Haji

Loading...
Ibnul Qayyim rahimahullah menyebutkan di dalam kitabnya ‘al-Wabil ash-Shayyib’ diantara faidah-faidah dzikir. Beliau berkata; “Bahwa terus-menerus berdzikir dapat menggantikan ibadah-ibadah sunnah dan menempati posisinya, baik itu ibadah badaniyah (fisik), maliyah (harta) maupun keduanya seperti haji”.

Tasbih, Tahmid dan Takbir sebagai Pengganti Haji

Hal tersebut didasarkan pada hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:
“Sekelompok fakir dari kaum muhajirin mendatangi Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, lalu mengadu: beruntunglah para orang kaya, mereka memilik derajat, kehormatan dan kedudukan. Rasul Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam berkata: apa yang kalian maksud? Mereka menjawab: Mereka shalat sebagaimana kami shalat, mereka puasa sebagaimana kami puasa, dan mereka sedekah sedangkan kami tidak bisa bersedekah serta mereka bisa memerdekakan budak sedangkan kami tidak bisa. Rasul Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda: maukah aku ajarkan sebuah amalan yang bisa mengungguli orang-orang sebelum dan sedudah kalian dan tidak ada yang bisa menandingi derajat kalian kecuali mereka yang berbuat seperti yang kalian amalkan? Mereka menjawab; baiklah, ya Rasulullah. Rasul Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda: bacalah tasbih, takbir dan tahmid setiap selesai shalat masing-masing sebanyak 33 kali. Abu Hurairah berkata: Kemudian orang-orang miskin itu kembali menemui Rasul Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dan mengadu: ‘Orang-orang kaya telah mendengar hal itu dan mereka juga melakukan hal yang sama sebagaimana yang kami perbuat. Rasul Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda: Itulah kelebihan yang deberikan Allah Ta'ala kepada siapa yang dikehendaki.” (H.R Bukhari Muslim)
Hadits di atas menyatakan bahwa orang-orang kaya memang suatu kelebihan yang dikehendaki Allah SWT atas hamba-hamba-Nya yang dipilih. Imam Ramli menyatakan bahwa kelebihan orang kaya dibanding dengan orang miskin terletak pada kelebihan hartanya. Orang-orang kaya bisa bersedekah, berkurban, berhaji, berzakat dan ibadah-ibadah lain yang harus dengan harta, tidak demikian halnya dengan orang-orang miskin.
Amalan Dzikir Pengganti Haji
Gambar: Amalan Dzikir Pengganti Haji

Maka beliau menjadikan dzikir sebagai pengganti dari ibadah-ibadah yang luput dari mereka seperti haji, umroh dan jihad. Dan beliau mengabarkan bahwa mereka (orang-orang miskin) bisa mendahului mereka (orang-orang kaya) dengan dzikir tersebut.

Baca juga: Dengan Apa Wanita Bersedekah?

1 Response to "Dzikir Penggati Ibadah Haji"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete