Malu-maluin, Ooo... Ternyata Kapolri Sudah Sering Dapat Laporan Buruknya Anggota Polri Yang Bertugas di Luar Negeri!

Loading...
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian ternyata pernah mengingatkan kepada 140 polisi yang berangkat ke Sudan dalam misi perdamaian untuk menjaga nama baik Polri.

Pasalnya, dia beberapa kali mendapat laporan ada anggota Polri yang melakukan hal tercela saat tengah bertugas di luar negeri.

"Ada beberapa peristiwa yang mencoreng nama baik Polri, anggota Polri yang bertugas dilaporkan dan dipulangkan," ujar Tito di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Kamis (13/1/2017).

Meski jumlah polisi bermasalah tidak banyak, setidaknya hal itu menjadi peringatan bagi satgas yang berangkat ke sana untuk menjaga etika.

Karena mereka tak hanya mengemban tugas kemanusiaan, tapi juga membawa nama Polri dan Indonesia.

Ternyata Kapolri Sudah Sering Dapat Laporan Buruknya Anggota Polri Yang Bertugas di Luar Negeri

Jika ada perbuatan tercela, tentunya akan mencoreng nama institusi dan negara.
Tito

"Ini jadi batu ujian bagi rekan-rekan secara pribadi dan kelompok. Kemampuan para pimpinan akan teruji di medan yang sulit, apakah tetap akan solid," kata Tito.

Kapolri meminta polisi yang berangkat ke Sudan untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan itu. Mereka telah melalui seleksi yang ketat dan latihan yang berat untuk bisa mewakili Indonesia dalam misi Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Tito menjanjikan akan memberikan penghargaan bagi anggota Polri yang berprestasi dalam misi tersebut.

"Rekan-rekan akan punya pengalaman dan pengetahuan luar biasa yang belum tentu diperoleh lainnya. Dapat wawasan luas secara dunia, tidak hanya berpikir lokal," kata Tito.

Satgas diberangkatkan ke Sudan pada Jumat (20/1/2017), dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Mereka akan menumpangi pesawat sewaan PBB.

Satgas ini menggantikan FPU Unit 8 yang sudah selesai menjalankan tugasnya selama setahun.

Adapun tugas satgas tersebut, yakni mengendalikan ketertiban umum, melindungi personel dan fasilitas PBB, mendukung operasi kepolisian setempat, serta melindungi warga sipil dan pengungsi yang menjadi korban konflik di Sudan.

Untuk misi perdamaian PBB di Sudan, Indonesia pertama kali mengirimkan personelnya pada 15 Oktober 2008. Dalam MoU disepakati Polri mengirimkan 140 personel dengan masa penugasan satu tahun. | Kompas.com

Abaikan Perintah Tito

Arahan Kapolri Tito Karnavian kepada anak buahnya saat akan memberangkatkan tim ke Sudan ternyata diabaikan oleh anak buahnya.

Sebagaimana ramai diberitakan, Pasukan Perdamaian PBB dari unit kepolisian tertangkap tangan sedang berupaya menyelundupkan senjata saat bertugas di Sudan.

Baca beritanya disini: Memalukan... Pasukan Perdamaian PBB Indonesia dari Unit Polisi Tertangkap Selundupkan Senjata. Bagaimana Ini Pak Tito? (Beritaviral)

1 Response to "Malu-maluin, Ooo... Ternyata Kapolri Sudah Sering Dapat Laporan Buruknya Anggota Polri Yang Bertugas di Luar Negeri!"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete